Daftar Isi:
  • Penelitian ini secara umum merupakan penelitian yang bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Lectora pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah pada siswa kelas X Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Siempat Rube, dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan uji pengguna pengguna (siswa). Prosedur pengembangan yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan(dalam Endang Mulyaningsih, 2011:179-183). Model pengembangan 4-D terdiri atas 4 tahapan pengembangan, yaitu define (tahap pendefenisian), design (tahap perancangan), develop (tahap pengembangan), dan disseminate (tahap penyebarluasan). Dari data yang diperoleh melalui angket yang ada, uji kelayakan terhadap media pembelajaran menggunakan aplikasi Lectora yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan uji pengguna (siswa) media pembelajaran ini layak untuk digunakan dengan dibuktikan nilai persentase 94,11 % (Sangat Layak) dari ahli materi 1 dan 90,58% (Sangat Layak) dari ahli materi 2, dari ahli media nilai persentase 84,21% (Sangat Layak), dari ahli bahasa nilai persentase 84% (Sangat Layak), dan dari uji pengguna 10 orang dengan nilai persentase keseluruhan 85,30% (Sangat Layak). Hal ini menunjukkan media yang dikembangkan sudah layak untuk dijadikan media pembelajaran mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah.