Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan Siswa Kelas XII DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan siswa Kelas XII DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei tuan dengan menggunakan Adobe Flash CS6. (2) Mengetahui tingkat validitas media pembelajaran yang dikembangkan sebagai media pembelajaran bagi siswa. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dikembangkan menggunakan beberapa software yang terdiri dari Adobe Flash CS6, Wondershare Filmora X, Adobe Photoshop, dan Sketch Up Pro 2016. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan(Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model desain instruksional ADDIE yang terdiri atas: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan responden penilaian siswa Kelas XII DPIB. Tahap uji kelayakan produk dilakukan penilaian oleh dua ahli materi dan satu ahli media. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan hitungan statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Produk media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan pada kompetensi dasar Menerapkan prosedur pembuatan gambar potongan jalan dan jembatan dan Menggambar potongan jalan dan jembatan. (2) Kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi 1 diperoleh rata-rata skor sebesar 3,7 termasuk dalam interpretasi “layak”, validasi ahli materi 2 diperoleh rata-rata skor sebesar 4,03 termasuk dalam interpretasi “layak”. Sedangkan berdasarkan validasi ahli media mendapat skor rata-rata sebesar 4,1 termasuk dalam interpretasi “sangat layak”. Penilaian siswa melalui angket user mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,48 termasuk dalam interpretasi “akspentasi sangat tinggi”. Dengan demikian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.