Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran PJOK secara daring di SMP Negeri kota Tanjungbalai tahun ajaran 2021/2022 yang dilihat dari faktor kondisi pembelajaran, metode pembelajaran, dan hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Negeri kota Tanjungbalai sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket/kuesioner dengan 25 butir pernyataan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan data persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran PJOK secara daring di SMP Negeri kota Tanjungbalai Tahun Ajaran 2020/2021 pada indikator tujuan pembelajaran memperoleh hasil 62,69% dengan kategori cukup, pada indikator kendala pembelajaran memperoleh hasil 42,87% dengan kategori baik, pada indikator karakteristik siswa memperoleh hasil 77,50% dengan kategori baik, pada indikator strategi pembelajaran memperoleh hasil 79,72% dengan kategori baik, pada indikator strategi penyampaian memperoleh hasil 68,33% dengan kategori baik, pada indikator strategi pengelolaan memperoleh hasil 79,35% dengan kategori baik, pada indikator daya Tarik pembelajaran memperoleh hasil 79,93% dengan kategori baik, pada indikator efektivitas pembelajaran memperoleh hasil 80,42% dengan kategori baik. Dari hasil yang diperoleh setiap indikator maka dapat ditentukan hasil keseluruhan indikator dari efektivitas pembelajaran PJOK secara daring di SMP Negeri kota Tanjungbalai tahun ajaran 2021/2022 sebesar 71,3% dengan kategori baik.