Marketing Politik Pemenangan Calon Legislatif Partai Gerindra Pada Tahun 2019 Di Kabupaten Deli Serdang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui marketing politik pemenangan calon legislatif partai Gerindra pada tahun 2019 di Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah tim pemenangan calon legislatif partai Gerindra pada pemilihan umum calon legislatif di Kabupaten Deli Serdang tahun 2019 yang berjumlah tiga orang dan seorang Ketua DPRD terpilih Kabupaten Deli Serdang dari fraksi Gerindra. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah dipaparkan pada hasil penelitian yang dihubungkan dengan tujuan penelitian, maka didapatkan kesimpulan bahwa pada pileg tahun 2019 di Kabupaten Deli Serdang dimana partai Gerindra dan calegnya telah memenuhi setiap faktor di dalam mix marketing politik baik dari segi produk/product, promosi/promotion, harga/price, tempat/place, segmentasi dan positioning. Hanya saja ada beberapa faktor yang kurang maksimal dalam prakteknya seperti dari segi promosi dimana caleg partai Gerindra hanya mengupayakan metode kampanye secara langsung saja atau door to door dan menggunakan media cetak berupa koran sebagai media kampanye.