Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar servis atas bola voli melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas XI SMA Swasta Mulia Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta Mulia Medan dengan jumlah siswa 34 orang, terdiri dari 18 orang siswa putra dan 16 orang siswa putri. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pada siklus I sebanyak 20 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (58,82%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 14 orang siswa (41,18%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata keseluruhan yaitu 69,83 sedangkan pada siklus II diperoleh data sebanyak 30 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (88,24%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar, sedangkan 4 orang siswa (11,76%) masih belum tuntas, dengan nilai rata-rata hasil belajar 78,68. Berdasarkan hasil testersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi Kriteria Ketuntasan Klasikal yaitu 85%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui variasi pembelajaran dan media modifikasi dapat meningkatkan hasil pembelajaran servis atas bola voli pada siswa kelas XI SMA Swasta Mulia Medan.