PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM SEPAKBOLA SISWA KELAS VII SMP IT IBNU KHALDUN TP. 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap hasil belajar dribbling siswa kelas VII SMP IT Ibnu Khaldun. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Ibnu Khaldun tahun pembelajaran 2021/2022. Untuk penelitian tersebut, ditetapkan satu kelas yang berjumlah 24 orang siswa melalui purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan model one group pre-test dan post-test design. Dalam penelitian ini kelas eksperimen diberi tes dribbling dalam sepakbola sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran langsung dan tidak langsung. Dari data yang diperoleh: 1) kelompok pre-test hasil belajar dribbling sebelum menggunakan model pembelajaran langsung memiliki nilai rata-rata 73,75, 2) kelompok pre-test hasil belajar dribbling sebelum menggunakan model pembelajaran tidak langsung memiliki nilai rata-rata 66,25. Selanjutnya, 1) kelompok post-test hasil belajar dribbling setelah menggunakan memiliki nilai rata-rata 81,00, 2) kelompok post-test hasil belajar dribbling setelah menggunakan model pembelajaran tidak langsung memiliki nilai rata-rata 72, 50. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Dengan demikian adanya perbedaan pengaruh antara model pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap hasil belajar dribbling siswa kelas VII SMP IT Ibnu Khaldun.