Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Detail Kusen Pintu Dan Jendela Pada Mata Pelajaran Konstruksi Utilitas Bangunan Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Di Smk Negeri 5 Medan
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran video animasi stop motion detail kusen pintu dan jendela pada mata pelajaran konstruksi utilitas bangunan (2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi stop motion detail kusen pintu dan jendela pada mata pelajaran konstruksi utilitas bangunan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D Models. Model ini terdiri dari 4 tahap yang terdiri atas : (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), (4) Disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Medan dengan responden penelitian siswa kelas XI program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi dan Bangunnan (DPIB). Instrumen yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan media pembelajaran video animasi Stop motion pada mata pelajaran Konstruksi Utilitas Bangunan melalui validasi satu ahli media, dua ahli materi, dan satu ahli bahasa serta uji kelayakan skala kecil. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Adapun hasil penelitian adalah: (1) Pengembangan video pembelajaran animasi stop motion detail kusen pintu dan jedela telah melalui tahap : Pendefenisian, perancangan, pengembangan (meliputi validasi ahli yang terdiri dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa serta uji terbatas/skala kecil pada pengguna kepada 15 orang siswa), serta penyebarluasan (video diupload melalui youtube dengan url https://youtu.be/d771cNAmfF4 serta memberikan softcopy kepada guru mata pelajaran konstruksi utilitas gedung di SMK Negeri 5 Medan). (2) Kelayakan video pembelajaran animasi stop motion detail kusen pintu dan jendela berdasarkan ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa mendapatkan rata-rata persentasi 85% dengan kategori sangat layak, dan juga hasil uji terbatas pada siswa mendapatkan persentasi nilai 87% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian diatas, video pembelajaran animasi stop motion detail kusen pintu dan jendela dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran pada mata pelajaran konstruksi utilitas gedung di SMK Negeri 5 Medan.