Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran M3PK terhadap hasil belajar siswa pada materi Redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara acak. Instrument tes yang digunakan untuk pengumpulan data hasil belajar yaitu pilihan berganda sebanyak 20 butir soal yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda soal, dan reliabilitas item soal. Dari analisa data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test berturut-turut kelas eksperimen 40,5 dan 81,96. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test adalah 38,16 dan post-test sebesar 66,33. Analisis data penelitian berdasarkan uji t pihak kanan dengan software Microsoft Excel pada tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada pokok bahasan Redoks.