Daftar Isi:
  • Rendahnya minat dan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran kontruksi jalan dan jembatan program keahlian DPIB merupakan dampak dari kesulitan belajar siswa, ada beberapa penyebab yang mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Diantaranya yaitu keterbatasan fasilitas penunjang pembelajaran siswa berupa sarana dan prasarana sekolah seperti sumber belajar dan kurang tepatnya guru dalam memilih penggunaan media untuk membantu proses pembelajaran yang juga mempengaruhi minat belajar siswa dan berdampak terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan google classroom terhadap minat dan hasil belajar konstruksi jalan dan jembatan pada siswa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI DPIB 2 sebagai kelas yang diberikan perlakuan penggunaan media pembelajaran google classroom sebanyak 28 siswa dan siswa kelas XI DPIB 3 sebagai kelas yang diberikan perlakuan penggunaan media pembelajaran whatsApp sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes, yang terlebih dahulu diujicobakan, dan dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah; (1) analisis deskriptif, (2) uji persyaratan analisis berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa : (1) tidak terdapat pengaruh yang berbeda secara signifikan penggunaan media google classroom terhadap minat belajar siswa dengan hasil pegujian test manova multivariate diperoleh sig,>0,05 yaitu (0,339 > 0,05). (2) terdapat pengaruh yang berbeda secara signifikan penggunaan media google classroom terhadap hasil belajar siswa dengan hasil pegujian uji-t diperoleh Hasil pengujian test manova multivariate diperoleh sig,<0,05 yaitu (0,004 < 0,05) Artinya penggunaan media google classroom memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa tapi tidak dengan minat belajar siswa.