Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan Informasi Bangunan SMKN 1 Percut Sei Tuan Sebagai Sumber Belajar Mandiri
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung pada siswa kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMKN 1 Percut Sei Tuan. Diketahui bahwa dalam proses pembelajaran masih menggunakan media pembelajaran sederhana seperti media cetak buku teks, hanout, serta tampilan power point yang sederhana dan kurang bervariasi dan bersifat monoton sehingga pembelajaran kurang menarik. Fasilitas penunjang proses pemebalajaran sudah memadai seperti tersedianya computer dan ruang computer, LCD/Proyektor yang dapat dimanfaatkan dalam proses belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu adanya pengembangan media pembelajaran interaktif yang bisa diguakan oleh pendidik untuk pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada. Penelitian ini disusun dan dikembangkan model ADDIE (Analyze, Design, Develoment, Implementation, Evaluation). Namun dikarenakan tujuan pengembanagan hanya sampai pada tahap valid dan layak, maka penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap Develoment (pengembangan) yaitu tahap revisi produk. hasil keseluruhahn dari uji kelayakan media pembelajaran ini, diperoleh penilaian dari hasil masing-masing validasi yaitu: Ahli media diperoleh nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 4,36 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Ahli materi I diperoleh nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 3,75 yang termasuk dalam kategori “Layak”. Ahli materi II diperoleh nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 4,72 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Ahli bahasa diperoleh nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 4,36 yang termasuk dalam kategori”Sangat Layak”. Dan hasil uji coba skala kecil dengan jumlah 15 siswa diperoleh nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 4,55 termasuk dalam kategori “Sangat Layak”