Tinjauan Hasil Gambar Ilustrasi Kartun Dengan Objek Binatang Siswa Kelas VIII SMP Swasta Rakyat Pancur Batu T.A 2020/2021
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil karya siswa kelas VIII SMP Swasta Rakyat Pancur Batu dalam menggambar ilustrasi kartun dengan objek binatang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau dan mendeskripsikan hasil karya siswa SMP Swasta Rakyat Pancur Batu dalam menggambar kartun dengan objek binatang serta mengetahui kendala apa saja yang dihadapi siswa dalam menggambar ilustrasi kartun dengan objek binatang berdasarkan unsur Seni Rupa yaitu bentuk, warna dan gelap terang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu metode prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan mendeskripsikan keadaan objek peneliti secara apa adanya. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Rakyat Pancur Batu secara keseluruhan dan guru bidang studi Seni Budaya SMP Swasta Rakyat Pancur Batu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-1, VIII-2 dan VIII-3 sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah kuota sampling. Teknik pengumpulan data adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian adalah menggunakan android, kamera dan lembar penilaian karya. Teknik analisis data adalah menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan data dan fakta yang ada dilapangan lalu dideskripsikan dengan statistik sederhana. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil gambar ilustrasi kartun siswa dengan objek binatang sudah cukup maksimal dan baik, dari 30 sample yang digunakan penggarapan unsur senirupa yang dibuat oleh siswa dalam hasil karya nya sudah baik, khususnya dalam unsur bentuk yang sudah cukup sesuai dengan konsep yang telah ditetapkan yaitu menggambar ilustrasi kartun dengan objek binatang. Dalam penggarapan unsur warna banyak siswa yang menggunakan warna-warna yang terang dan warna yang dihasilkan rata-rata menarik walau ada sebagian yang dalam mewarnainya kurang penekanan atau menggunakn bahan yang kurang maksimal. Dalam penggarapan unsur bentuk, rata-rata siswa sudah baik dalam membuat bentuk gambar binatang dan ketika diliat cukup dapat mengenali bentuk tersebut, walau ada sebagian siswa yang belum dengan maksimal membuat bentuknya, namun hanya diperlukan latihan dan pendalaman menggenai menggambar kartun dengan objek binatang menggunakan unsur seni rupa dengan baik. Dalam penggarapan gelap terang rata-rata siswa membuat gelap terang cukup baik, Namun harus tetap ditingkatkan khususnya dalam latihan menggambar disekolah serta metode pembelajaran yang lebih efektif yang diberikan guru kepada siswa.