Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk merancang modul berbasis guided inquiry pada pokok bahasan laju reaksi serta menganalisis kelayakan modul berbasis guided inquiry pada pokok bahasan laju reaksi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development yang dibatasi hanya sampai 5 tahap yaitu tahap pengumpulan data dan informasi, tahap perencanaan produk, tahap pengembangan produk awal, tahap uji coba lapangan awal serta tahap revisi hasil uji coba. Subjek penelitian adalah modul berbasis guided inquiry. Objek penelitian adalah materi laju reaksi.Produk yang dikembangkan divalidasi oleh 4 orang validator ahli yang terdiri dari 2 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Selain itu juga dilihat respon 2 orang guru kimia. Uji coba lapangan awal dilakukan dengan memberikan lembaran angket kepada 8 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul berbasis guided inquiry pada pokok bahasan laju reaksi dinyatakan layak setelah dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli media, respon guru dan siswa. Penilaian ahli materi dengan persentase rata-rata 83,10% dengan kategori valid/layak, penilaian ahli media dengan persentase rata-rata 83,09% dengan kategori valid/layak, persentase respon guru 87,49% dengan kategori sangat menarik dan persentase respon siswa 83,08% dengan kategori sangat menarik.