PENGARUH PEMAKAIAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUALISASI MOLEKUL 3D DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis visualisasi molekul 3D pada hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah MAS Al-Ikhlas Bah Jambi. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak. Ada dua kelas yang dilibatkan dalam penelitian ini yaitu X MIPA 1 dan X MIPA 3. X MIPA 1 diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis visualisasi molekul 3D dengan model pembelajaran koperatif tipe SAVI sedangkan X MIPA 3 diajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis visualisasi molekul 3D dan tanpa model pembelajaran koperatif tipe SAVI. Pengujian hipotesis data hasil belajar siswa dengan uji t pihak kanan pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,307 > 1,67). Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis visualisasi molekul 3D dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia di SMA. Uji Hipotesis data motivasi belajar siswa dengan uji t pihak kanan pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,94 > 1,67). Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis visualisasi molekul 3D dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Uji Korelasi pada taraf signifikan 5% diperoleh rhitung > rtabel(0,668 >0,361), sehingga dapat diketahui bahwa ada hubungan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis visualisasi molekul 3D.