Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan media interaktif lectora inspire pada materi laju reaksi mencapai nilai KKM yaitu 70. Populasi dalam penelitian sebanyak dua kelas yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Mulia Pratama Medan. Sampel digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling yang diambil sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa 21 orang. Sumber data berasal dari guru yang diperoleh melalui observasi atau data nilai laju reaksi siswa tahun lalu. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes sebanyak 25 soal yang telah valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji hipotesis dengan uji One Simple T-Test, uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh rata-rata pretest sebesar 47,8571±8,88 dan rata – rata posttest sebesar 78,8089± 9,73. Hal ini diperoleh dari thitung > ttabel atau 4,720 > 2,086 sehingga Ha diterima. Pendekatan kedua (probabilistik), sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning dengan media interaktif lektora inspire pada materi laju reaksi lebih tinggi dari nilai KKM yaitu 70.