Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Model Pembelajaran problem based learning (PBL) Dengan Menggunakan Media Weblog Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Sampel penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan menggunakan media weblog, dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan media weblog. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah divalidasi oleh Validator ahli, dan kemudian diujicobakan kepada siswa untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda soal, dan distruktor. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yaitu uji perbedaan nilai rata-rata, hasil belajar siswa, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol pada data pretest yaitu sebesar 35,25 dan 32,50. Pada nilai post-test kelas eksperimen dan kontrol yaitu sebesar 79 dan 74. Data pada uji normalitas dan homogenitas diperoleh data berdistribusi normal dan data bersifat homogen. Dari uji hipotesis hasil belajar thitung= 2,29 sehingga dapat disimpulkan terima Ha tolak Ho. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media weblog berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi.