Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan media Google Classroom (GC) pada materi kesetimbangan kimia mencapai minimal nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah lima kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak satu kelas diambil dengan teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes sebanyak 20 soal yang telah valid dan reliabel. Data hasil belajar di uji normalitas dengan nilai sig. 0,096 > α (0,05) berarti data berdistribusi normal. Uji homogenitas data hasil belajar dari skala 1-100 diperoleh rata-rata 82,50 ± 7,04, Standar Deviation sebesar 7,04 masih relatif kecil, sehingga data homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan One Sample T-Test diperoleh hasil sig. 0,00 < α (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak dengan demikian hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan media Google Classroom pada pembelajaran daring minimal mencapai nilai KKM 70. Oleh karena itu model Problem Based Learning dengan media Google Classroom pada pembelajaran daring pada materi kesetimbangan kimia layak untuk digunakan.