Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media, dan mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran webblog yang dikembangkan pada materi ikatan kimia lebih tinggi dari nilai KKM yang telah ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Dengan mengunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa satu kelas X MIA 1 di SMA Negeri 8 Medan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil analisis, dikembangkan media pembelajaran webblog. Hasil penilaian oleh dosen di peroleh rata-rata kelayakan sebesar 90%, dan rata-rata skor ahli materi 95 %. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan Valid dan sangat layak digunakan untuk media pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan kemudian diujikan ke siswa untuk melihat hasil belajar kimia siswa. Pengujian dilakukan dengan menggunakan 1 kelas eksperimen yang dilaksanakan dengan media pembelajaran webblog. Uji Hipotesis menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 78.29 dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Berdasarkan analisis statistic pada tingkat signifikansi 5% dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media webblog yang dikembangkan lebih tinggi dari nilai KKM yang telah di tetapkan.