PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KONSEP ASAM BASA KELAS XI DI SMA NEGERI 15 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dengan media video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep asam-basa kelas XI di SMA Negeri 15 Medan. Sampel penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah divalidasi oleh Validator ahli, dan kemudian diujicobakan kepada siswa untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen sebesar 36,37 sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas kontrol sebesar 34,00. Dan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 82,08 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 76,14. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Independent Sample t-Test dengan menggunakan software SPSS versi 25 for windows dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi = 0,004 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima atau H0 ditolak. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa rata-rata model Problem Based Learning dengan media video animasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep asam-basa kelas XI di SMA Negeri 15 Medan.