PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ISPRING PRESENTER PADA MATERI IKATAN KIMIA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran iSpring Presenter pada materi ikatan ion, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran yang sesuai dengan standar BSNP dan (3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran iSpring Presenter pada materi ikatan kimia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan hasil adaptasi model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan guru dan menggunakan angket untuk validasi media dan materi serta respon siswa. Hasil penelitiannya adalah pengembangan media pembelajaran iSpring Presenter pada materi ikatan ion dilakukan dengan menggunakan tiga tahapan dari adaptasi model ADDIE yaitu analisis, desain dan pengembangan. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli media mendapatkan skor 3,58 (89,5%) yang termasuk ke dalam kriteria sangat layak. Dan hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 3,71 (92,83%) yang termasuk ke dalam kriteria sangat layak. Respon siswa terhadap media pembelajaran iSpring Presenter pada materi ikatan ion mendapatkan skor 3,28 dengan persentase sebesar 82,2% (sangat positif). Berdasarkan hasil penelitian, iSpring Presenter adalah media pembelajaran yang layak digunakan dalam pembelajaran.