Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian dilaksanakan adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memotivasi siswa mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah di kota medan. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMA di Lembaga Bimbingan Belajar One Sciense Institute (OSCI), Ganesha Operation (GO) dan Primagama. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik quota sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel dengan cara menetapkan jumlah tertentu sebagai target yang harus dipenuhi dalam pengambilan sample dari populasi, kemudian dengan patokan jumlah tersebut peneliti mengambil sampel secara sembarang asal memenuhi persyaratan sebagai sampel dari populasi tersebut. Di sini penulis mengambil sampel 60 siswa dengan 20 siswa tiap lembaga bimbingan belajar. Faktor-faktor yang memotivasi siswa mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah di kota Medan meliputi faktor Instrinsik dengan indikator faktor harapan, faktor kebutuhan dan faktor minat kemudian faktor ekstrinsik dengan indikator faktor orang tua, faktor lingkungan, faktor teman, faktor tutor dan faktor lembaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memotivasi siswa mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah pada faktor intrinsik dengan faktor harapan 93, faktor kebutuhan 77 dan faktor minat 95,2 , kemudian pada faktor ekstrinsik dengan faktor orang tua 70, faktor lingkungan 43,5, faktor teman 53, faktor tutor 92 dan faktor lembaga 95.