KINERJA KEUANGAN DAN KINERJA PASAR DALAM PERSPEKTIF CORPORATE GOVERNANCE INTELECTUAL CAPITAL DAN GREEN ACCOUNTING

Main Authors: Welly, Yerisma, Ikhsan, Arfan
Format: Book PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Madenatera , 2022
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/47837/1/fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/47837/
Daftar Isi:
  • Dunia industri saat ini memasuki era industri 4.0 dimana inovasi, teknologi dan ketatnya persaingan antar perusahaan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan performa terbaiknya. Pendukung keuangan atau seorang investor membutuhkan data yang andal dan dapat dipercaya dalam pengambilan keputusan, sehingga perusahaan harus memiliki pilihan untuk dapat memberikan kinerja perusahaan yang terjamin kualitasnya dari tahun ke tahun dalam mengelola sumber dayanya (Baroroh, 2013). Suatu perusahaan harus dapat menjaga eksistensinya sebagai perusahaan yang layak untuk menerima investasi dengan cara meningkatkan kinerja pasarnya. Kinerja pasar atau dikenal dengan nilai perusahaan mencerminkan evaluasi masyarakat terhadap kinerja perusahaan dengan representasi harga saham dari permintaan dan penawaran pasar modal (Harmono, 2009). Menurut Wahidahwati (2002) kinerja pasar diterangkan sebagai, “representasi kepercayaan masyarakat terhadap aktivitas perusahaan sejak beroperasi hingga pencapaiannya”. Kemudian Nurhayati (2017) mengemukakan penilaian kinerja pasar dengan melihat nilai lebih dan kurang dari laporan tahunan dapat mencerminkan nilai dari sebuah perusahaan dengan cara menghitung harga pasar saham dikali dengan jumlah saham beredar. Menurut pendapat Brigham & Houston (2010), nilai perusahaan adalah “sekumpulan rasio yang menghubungkan harga saham perusahaan dan terhadap laba, arus kas, dan nilai buku per sahamnya yang memberi indikasi bagi manajemen tentang bagaimana pandangan investor tentang prestasi perusahaan di masa lalu dan prospek perusahaan di masa yang akan datang”.