Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan bisnis stambuk 2017 fakultas ekonomi universitas negeri medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh program magang kependidikan dan informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi UNIMED dengan populasi seluruh mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2017 dan sampel berjumah 89 orang. Hasil analisis data menggunakan regresi linear berganda dan uji hipotesis diperoleh persamaan Y = 17,379 + 0,164X1 + 0,651X2. Selanjutnya dilihat dari nilai signifikan program magang kependidikan terhadap minat menjadi guru ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel dimana 2,094 > 1,662 dengan nilai signifikan 0,040 < 0,05. Begitu juga nilai signifikan informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru dimana nilai thitung > ttabel dimana 6,864 > 1,662 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan (uji F) ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel dimana 25.892 > 3,10 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa program magang kependidikan dan informasi dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.