Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman Literasi Ekonomi dan pemahaman Strategi Pemasaranpada diri mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Literasi Ekonomi dan Pemahaman Strategi Pemasaran terhadap Kesiapan Berbisnis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang berjumlah 89 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Dari hasilpenelitian di perolehpersamaanregresi linear berganda Y = 38,481 + 0,302X1 + 0,205 X2 .Berdasarkan uji hipotesis secara parsial ( uji t) diperoleh hasil analisis data yang dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Pengaruh literasi ekonomi dan pemahaman strategi pemasaran secara bersama-sama terhadap kesiapan berbisnis mahasiswa dengan hasil nilai thitung>ttabel(6,046 > 1,991) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Dan diperoleh hasil analisis data yang dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Pengaruh literasi ekonomi dan pemahaman strategi pemasaran secara bersama-sama terhadap kesiapan berbisnis mahasiswa dengan hasil hitung nilai thitung>ttabel (2,430 > 1,991) dan nilai signifikansi (0,017< 0,05).