Daftar Isi:
  • Lingkungan belajar dan motivasi belajar menjadi faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Siswa yang memperoleh lingkungan belajar yang baik dan motivasi belajar yang tinggi akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Semakin baik kualitas lingkungan belajar yang diperoleh maka hasil belajar akuntansi akan semakin tinggi pula. Begitu pun dengan motivasi belajar, semakin tinggi motivasi belajar siswa maka hasil belajar akuntansi siswa akan meningkat. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar akuntansi; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi; dan (3) pengaruh lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Patumbak. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X AK dengan populasi 108 siswa dengan teknik pengambilan sampel jenis Random Sampling yang menghasilkan 85 orang siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menggunakan amgket (kuesioner). Uji validitas dengan menggunakan teknik korelasi product moment dan realibilitas angket menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisa yang digunakan yaitu linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi Belajar yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung sebesar 2,526 sedangkan ttabel sebesar 1.674 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,015 ≤ 0,05. 2) Terdapat pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan nilai thitung sebesar 2,472 sedangkan ttabel sebesar 1.674 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,017 ≤ 0,05 (3) Terdapat pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar akuntansi, dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,005 dan nilai F hitung sebesar 17.745 > F tabel sebesar 3,18. Jadi, penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Patumbak.