PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FISIKA BERBASIS ANDROID PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SMA T.P. 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif fisika berbasis android pada materi fluida dinamis yang berkualitas layak. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahapan yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Uji coba media pembelajaran dilakukan pada siswa kelas XI MIA 1 di SMA Negeri 11 Medan. Hasil dari penelitian yang didapatkan berdasarkan validasi ahli media yaitu masuk dalam kategori layak dengan persentase rata-rata 75%, penilaian ahli materi masuk dalam kategori layak dengan persentase rata-rata 78%. Berdasarkan validasi dari praktisi pembelajaran masuk dalam kategori layak dengan persentase rata-rata 76%, hasil pengujian blackbox testing didapatkan semua fungsi pada media pembelajaran dapat berjalan dengan benar. Media pembelajaran ini mendapatkan respon sangat positif dari siswa, dilihat dari partisipasi selama proses pembelajaran dan juga didukung oleh data hasil penyebaran angket yang mendapatkan persentase rata-rata 96%. Media pembelajaran interaktif fisika berbasis android yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif siswa, ditunjukkan dengan perolehan N-gain sebesar 0,69 dikategorikan mengalami peningkatan sedang. Jadi media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi tiga kriteria yaitu valid menurut ahli media, ahli materi dan guru, sangat positif menurut siswa, serta efektif sebagai media pembelajaran.