PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DOLOK MASIHUL T.P 2021/2022
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “ rendahnya prestasi belajar siswa” kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dolok Masihul. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) pengaruh Pemanfaatan Internet terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dolok Masihul. 2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dolok Masihul. 3) pengaruh Pemanfaatan Internet dan motivasi belajar secara bersamaan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dolok Masihul T.P 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Proporsional Random Sampling. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel Pemanfaatan Internet Di Rumah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Dolok Masihul yang ditunjukkan oleh nilai thitung>ttabel (8,195 > 1,983) dan nilai sgnifikansi (0,000 < 0,05) dan variabel Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Dolok Masihul dengan nilai thitung>ttabel (3,020 > 1,98) dan nilai signifikan α (0,003 < 0,05). Sedangkan dari uji hipotesis secara simultan di peroleh hasil bahwa variabel Pemanfaatan Internet dan Motivasi Belajar secara Bersama-sama memilki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Dolok Masihul dengan nilai Fhitung > Ftabel (50,161 > 3,11) dengan taraf signifikan (0,000 < 0,05). Berdasarkan uji koefisien Determinasi di peroleh nilai R Square sebesar 0,550 yang artinya sebesar 55,00% Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Dolok Masihul dapat dijelaskan melalui Pemanfaatan Internet dan Motivasi Belajar. Sedangkan Sisanya sebesar 45,00% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.