PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 dalam meningkatkan hasil belajarnya melalui kreativitas yang dimiliki dengan proses belajar blended learning berbasis online yang sedang diterapkan dalam perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Blended Learning Dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi stambuk 2018 yang berjumlah 101 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 81 secara proportional random sampling. Dari hasil penelitian diperoleh persamaan Y = 56,631 + 0,234X1 + 0,194X2. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperoleh hasil pembelajaran blended learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung 4,406 dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05. Kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung 3,996. Dengan signifikan 0,00 < 0,05.uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil pembelajaran blended learning dan kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai F_hitung sebesar 124,112 dengan nilai signifdikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R^2 sebesar 0,761. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pembelajaran blended learning dan kreativitas belajar secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan.