PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS SMAN 1 PARLILITAN TAHUN AJARAN 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Parlilitan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Parlilitann yang berjumlah 105 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling yaitu sebanyak 83 orang siswa. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta perhitungan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signiikan antara variabel Lingkungan Belajar (X1) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IPS SMA N 1 Parlilitan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 4,419 > 1,664 dengan dinilai signifikansi 0,000 < 0,05, kedua terdapat pengaruh antara Motivasi Belajar (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IIS SMA N 1 Parlilitan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 6,936 > 1,664 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Ketiga, secara simultan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Lingkungan belajar dan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Parlilitan. Berdasarkan analisis diperoleh Koefisien Determinasi (R2 ) sebesar 0,628 yang menjelaskan bahwa pengaruhfasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 62,8% dan sisanya sebesar 37,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.