Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran E-learning yang kurang maksimal, kurangnya profesionalisme guru dalam penggunaan media pembelajaran, rendahnya motivasi belajar siswa serta masih ada hasil belajar siswa yang tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran E-learning, Profesionalisme Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Kabanjahe. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kabanjahe yang ebaralamat di Jl. Kotacane No. 111 Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X OTKP SMK Negeri 1 Kabanjahe yang berjumlah 107 siswa. Sampel penelitian ini adalah 52 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik proportional random sampling, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Teknik analisis data menggunakan Uji Regresi Linear Berganda, Pengujian Hipotesis Parsial (Uji-T) dan Uji Koefisien Determinasi.Hasil regresi linear berganda adalah Y= 28,507 + 0,282 X1 + 0,261 X2 + 0,148 X3. Hasil Uji-T variabel X1diperoleh nilai thitung > ttabel (2.917 > 1,677), variabel X2 diperoleh nilai thitung > ttabel (3,563 > 1,677) dan variabel X3 diperoleh nilai thitung > ttabel (2,221 > 1,677). Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,523 atau 52,3% variabel X mempengaruhi variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan adanya pengaruh positif dan signifikan Media Pembelajaran E-leaning, Profesionalisme Guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Kabanjahe.