ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATA KULIAH ANATOMI TUMBUHAN SECARA ONLINE PADA MAHASISWA DI JURUSAN BIOLOGI UNIMED PADA MASA PANDEMI COVID 19 T.A 2020-2021
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada mata kuliah anatomi tumbuhan secara online pada mahasiswa jurusan biologi unimed pada masa pandemi covid 19, ditinjau dari tingkat kesulitan belajar menggunakan pernyataan berupa angket mengenai materi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar berupa angket faktor eksternal dan faktor internal. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sample 74 mahasiswa jurusan biologi angkatan 2019 yang terdistribusi dalam 3 kelas. Instrumen penelitian adalah angket tingkat kesulitan belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yang dianalisis dengan teknik persentase. Tingkat kesulitan belajar yang paling rendah adalah parenkim dengan hasil 68,91% dan yang paling tinggi adalah jaringan penguat dengan hasil 95,10%. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yang paling rendah di faktor eksternal adalah relasi peserta didik dengan dosen dengan hasil 48,53% dan yang paling tinggi adalah media pembelajaran dengan hasil 96,45%. Sedangkan faktor internal yang paling rendah adalah intelegensi dengan hasil 69,25% dan yang paling tinggi adalah minat dengan hasil 97,43%.