Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018. (2) Mengetahui pengaruh Fasilitas Belajar Di Rumah terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018. (3) Mengetahui pengaruh penggunaan E-learning dan Fasilitas Belajar Di Rumah terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018. Jenis penelitian ini adalah Ex-Post Facto yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 101 mahasiswa dengan tenik pengambilan sampel menggunakan sampel acak (proposional random sampling) sehingga diperoleh sebanyak 81 mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2018 yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan angket penelitian dan untuk teknik analisis data dilakukan dengan uji hipotesis dengan menggunakan Wald Test dan Chi Square pada taraf signifikansi 5%. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan level signifikansi sebesar 0,019 lebih kecil dibandingkan α=0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar di rumah terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan level signifikansi sebesar 0,040 lebih kecil dibandingkan α=0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan e-learning dan fasilitas belajar di rumah secara bersama-sama terhadap motivasi belajar mahasiswa dengan nilai (Chi Square) χ2hitung 12,161 pada level signifikansi 0,002 yang lebih kecil dibandingkan dengan nilai α=0,05. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-learning yang didukung dengan fasilitas belajar di rumah yang memadai akan meningkatkan motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyarankan bagi mahasiswa menggunakan e-learning dengan baik dan memaksimalkan fasilitas belajar di rumah.Bagi dosen agar lebih berinovasi dalam memaksimalan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Bagi instansi agar menciptkan dan menyediakan situs belajar daring yang lebih baik dalam menunjang proses kegiatan belajar. Bagi peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian lebih lanjut terkait motivasi belajar dengan melihat dan mempertimbangkan faktor-faktor lain yang belum dikemukan dalam penelitian ini.