PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI TAHUN MASUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah masih kurang optimalnya prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan E-learning dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Tahun Masuk 2018 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan sampel 81 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data digunakan dengan penyebaran angket pada pembelajaran E-learning dan Minat Belajar sedangkan untuk prestasi belajar menggunakan indeks prestasi keseluruhan. Hasil uji T menunjukkan bahwa (1) penerapan E-learning berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi dengan (4,476 > 1,663) dengan taraf nilai signifikan sebesar (0,000<0,05). (2) Minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi dengan thitung (6,825> 1,663) dengan taraf nilai signifikan (0,00<0,05). (3) Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel penerapan E-learning dan minat belajar berpengaruh pada prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi tahun masuk 2018 dengan f hitung (70,061 > 2,72) dengan nilai signifikan 0,000<0,05. (4) Hasil perhitungan analisis regresi berganda diperoleh hasil Y = 6,999 + 0,358X1+0,619 X2 dengan koefiseien determinasi sebesar 64,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan elearning dan minat belajar terhdap prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi tahun masuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.