PENGARUH MANAJEMEN WAKTU, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BE LAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN ANGKATAN 2018
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Prestasi Belajar Mahasiswa dan apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara manajemen waktu, lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 Universitas Negeri Medan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Manajemen Waktu, Lingkungan Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Angkatan 2018. Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas dengan jumlah mahasiswa 96 mahasiswa dan yang menadi sample ini sebanyak 96 mahasiswa. Teknik pengumpulan data adalah angket dan Indeks Prestasi Kumulatif. Validatas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Linearitas, dan Uji Multikolinieritas. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda, determinasi R2. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji T dan secara simultan digunakan uji F. Hasil penelitian menunjukan hasil bahwa: (1) persamaan regresi: Y = 2,779 + 0,350X1 + 0,412X2 + 0,243X3 (2) secara parsial Manajemen Waktu, Lingkungan Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Siswa berpegaruh positif dan signifikan yaitu Manajemen Waktu (5,292 > 1,662) dan nilai sig (0,000<0,05), Lingkungan Teman Sebaya (5,323 > 1,662) dan nilai sig (0,000<0,05). Dan Motivasi Belajar, (3,121> 1,662) dan nilai sig (0,002<0,05) (3) secara simultan parsial Manajemen Waktu, Lingkungan Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar berpegaruh secara signifikan pada nilai Fhitung > Ftabel (121,491 > 2,70).dan (4) Nilai R2 adalah sebesar 0,798, artinya kontribusi hasil belajar siswa sebesar 79,8% dipengaruhi oleh kedua variabel yang masuk dalam persamaan.