Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi digital siswa pada ranah dasar (basic) dalam konteks pembelajaran biologi materi sistem pencernaan, mengidentifikasi ada atau tidaknya perbedaaan literasi digital yang signifikan antara kedua kelas, dan untuk mengetahui peran orang tua, guru biologi, teman kelas, dan motivasi intrinsik terhadap literasi digital siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAS Muhammadiyah 2 Medan. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Mia Plus dan XI Mia Reguler Unggulan berjumlah 61 orang. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif-kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital siswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,65. Hasil uji-t sampel independen [t (59) = 2,917, p = 0,005] menunjukkan bahwa rata-rata skor literasi digital XI Mia Reguler Unggulan secara signifikan lebih tinggi dari rata-rata skor literasi digital XI Mia Plus. Orang tua, guru biologi, teman kelas, dan motivasi intrinsik berperan dalam membantu mengembangkan literasi digital siswa.