ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA MAN 2 MODEL MEDAN T.P 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XI IPA MAN 2 MODEL MEDAN, mengetahui Korelasi antara kemadirian belajar dengan hasil belajar siswa, mengetahui Faktor penghambat dalam peningkatan kemandirian belajar siswa pada pelajaran Biologi, serta mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di kelas XI IPA MAN 2 MODEL MEDAN. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 MODEL MEDAN T.P 2020/2021 pada bulan September sampai bulan November 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 198 orang dan guru Biologi sebanyak 2 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kemandirian belajar siswa masih berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata persentase 71,72%. Untuk hubungan hasil belajar dengan kemandirian belajar siswa terdapat hubungan yang tidak signifikan dengan nilai 0,028. Faktor yang menjadi penghambat adalah faktor internal dan faktor eksternal, dan upaya yang di lakukan guru untuk meningkatkan kemandirian belajar adalah memberikan tanggung jawab, reward, nasehat, motivasi dan kebebasan.