Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya kesiapan menjadi guru pada mahasiswa” pendidikan bisnis stambuk 2017 fakultas ekonomi universitas negeri medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah micro teaching dan magang 3 terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di kelas A, B dan C Program Studi Pendidikan Bisnis Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri. Populasi penelitian ini yaitu jumlah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan berjumlah 88 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dalam bentuk skala likert. Hasil analisis data menggunakan regresi linear berganda dan uji hipotesis dan disimpulkan bahwa mata kuliah micro teaching dan magang 3 berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru. Hal ini dilihat dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 29,693 + 0,291X1 + 0,358 X2+ e. Selanjutnya dilihat dari nilai signifikan antara micro teaching terhadap kesiapan menjadi guru ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel dimana 3,022 > 1,987 dengan nilai signifikan 0,003 < 0,05. Begitu juga nilai signifikan antara magang 3 terhadap kesiapan menjadi guru dimana nilai thitung > ttabel dimana 4,416 > 1,987 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan (uji F) ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel dimana 71,434 > 3,100 dan nilai signifikan 0,00 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mata kuliah micro teaching dan magang 3 berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Bisnis stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.