PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA DAN KONTROL DIRI TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2017 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan keuangan di keluarga dan kontrol diri terhadap minat menabung mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2017 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan, Fakultas Ekonomi, Program Studi Pendidikan Bisnis Stambuk 2017 yang beralamat di Jalan William Iskandar Pasar V, Medan Estate. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 89 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yang digunakan adalah tekhnik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Untuk analisis data hasil penelitian menggunakan perhitungan regresi linier berganda dengan hasil Y=26,128+ 0,274 (X1) + 0, 362 (X2) +e. Pada uji hipotesis secara parsial (Uji t) variabel Pendidikan Keuangan di Keluarga (X1) memperoleh nilai thitung > ttabel (2,030 > 1.98793)dengan taraf signifikan (0.045<0.05) dan pada uji hipotesis secara parsial (Uji t) variabel Kontrol Diri (X2) memperoleh nilai thitung>ttabel sebesar (2,626 > 1,98793), dengan nilai signifikan (0.010<0.05). Secara simultan, nilai Fhitung > Ftabel (11,723>3,10) dan nilai signifikansi α < 0,05 (0.000<0.05). Dapat disimpulkan bahwa pendidikan keuangan di keluarga dan kontrol diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Koefisien determinasi (R2) bernilai sebesar 0,214 atau dengan kata lain nilai koefisien determinasinya adalah 21,4 %. Dari data tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penelitian ini perubahan minat menabung mahasiswa dipengaruhi oleh variabel Pendidikan Keuangan di Keluarga, kontrol diri sebesar 21,4 % dan sisanya sebesar(100%-21,4% = 78,6% disumbangkan oleh faktor- faktor di luar penelitian. Maka hal ini menunjukkan bahwa variabel pendidikan keuangan dikeluarga jika diuji secara parsial (sendiri) hasilnya yaitu berpengaruh signifikan terhadap variabel minat menabung, sedangkan pada variabel kontrol diri menunjukkan jika diuji secara parsial (sendiri) hasilnya yaitu berpengaruh signifikan terhadap variabel minat menabung.