Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang efektifnya proses pembelajaran pada materi jurnal penyesuaian di SMK Negeri 13 Medan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap efektivitas pembelajaran pada materi jurnal penyesuaian di SMK Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang diukur dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 13 Medan yang berjumlah 71 orang siswa dengan teknik pengambilan sample menggunakan Total Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan software IBM Statistic SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas pembelajaran pada materi jurnal penyesuaian dengan nilai thitung > ttabel (9.919 > 1994) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,582 atau 58,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Jadi, penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar siswa terhadap efektivitas pembelajaran pada materi jurnal penyesuaian di SMK Negeri 13 Medan.