PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN IKAN DI DANAU TOBA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) jenis ikan yang terdapat di Danau Toba; (2) Index keanekaragaman ikan di danau Toba; (3) Tingkat kelayakan booklet keanekaragaman ikan di Danau Toba; (4) Tanggapan mahasiswa terhadap pengembangan data Keanekaragaman ikan di Danau Toba dalam bentuk booklet sebagai sumber belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan produk 4-D yang dimodifikasikan sesuai kebutuhan. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, dosen ekologi hewan Universitas Negeri Medan, dan 40 mahasiswa Pendidikan Biologi. Data kualitas produk pengembangan dikumpulkan dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validasi ahli materi berada pada kriteri “layak” (77%); (2)Validasi ahli media berada pada kriteria “Sangat Layak” (88.75%); (3)Penilaian Dosen Ekologi Hewan berada pada kriteria “sangat layak” (99%); (4) Uji coba perorangan berada pada kriteria“Sangat Baik”( 91.66%); (5) Uji Coba kelompok kecil berada kriteria “Sangat Baik” (85.3% ); (6) Pada uji coba kelompok terbatas berada kriteria “Sangat Baik” (84.54 %).