PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2017 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini adalah expost facto dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2017 sebanyak 93 mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah 93 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik Total Sampling. Angket penelitian terlebih dahulu diujii validitas menggunakan rumus kolerasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus Croncbach Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta uji koefisien determinasi. Berdasarkan pengolahan data menggunakan program SPSS 26, pada analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 27,227 + 0,328X1 + 0,223X2. Dari uji parsial (t) X1 terhadap Y diperoleh hasil thitung > ttabel sebesar (3,557 > 1,987). Hal ini menunjukkan bahwa Lingkungan Keluarga (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Menjadi Guru (Y). Selanjutnya dari hasil uji secara parsial (t) X2 terhadap Y diperoleh hasil thitung > ttabel sebesar (5,167 > 1,987). Ini berarti bahwa Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Menjadi Guru (Y). Dari uji simultan (F) diperoleh hasil fhitung > ftabel (51,895 > 3,10) dengan signifikan α = 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Lingkungan Keluarga dan Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Selanjutnya dari koefisien determinasi diperoleh nilai Rsquare sebesar 0,536. Hal ini menunjukkan Lingkungan Keluarga dan Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru berkontribusi sebesar 53,6% Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.