PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE MEETING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN STAMBUK 2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam Penelitian ini adalah kurang optimalnya penggunaan Google Meeting dan Minat Belajar. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh penggunaan Google Meeting dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakasanakan di prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang beralamat di JL. Wiliam Iskandar Kota Medan Prov. Sumatera Utara. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang berjumlah 93 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini 71 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket berjumlah 25 soal yang masing-masing variabel bebas dan Daftar Nilai Akhir (DPNA) untuk variabel prestasi belajar. Angket media Google Meeting dan minat belajar dinyatakan reliabel dengan alpha cronbach 0,919 dan 0,938. Teknik yang digunakan adalah regresi linear berganda , determinasi R2, untuk mengukur pengaruh persial digunakan Uji T , dan untuk mengukur pengaruh simultan digunkan uji F. Berdasarkan analisi data dengan menggunakan program SPSS 24.0 diperoleh persamaan regresi linear berganda Y Y = 42,213 + 0,576 X1 + 0,353 X2 + e. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara persial variabel Google Meeting (X1) memiliki pengaruh signifikan karena thitung > ttabel yaitu 6,948 > 1,995 dan variabel Minat Belajar (X2) memiliki pengaruhsignifikan karena thitung > ttabel yaitu 2,583 > 1,995. Secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap Y, hal ini terlihat dari hasil perhitungan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 108,352 > 3,13. Persentase sumbangan media Google Meeting dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran sebesar 48%. Berdasarkan analisis tersebuat dapat disimpulkan variabel penggunaan Google Meeting dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap Prestasi belajar.