Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar secara parsial dan simultan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan Jalan Pertiwi No 116 Medan Tembung, yang dilaksanakan pada semester ganjil T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP SMK Swasta Jambi berjumlah 68 orang. Untuk menentukan sampel digunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus Uji t dan Uji F. Dari hasil analisis uji t untuk variabel Media Pembelajaran diperoleh nilai thitung>ttabel (5,124 i> i1.729) pada taraf signifikansi 0,05 atau sig i0,00 i< i0,05. Hal media belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikansi terhadap hasil belajar siswa. Untuk variabel motivasi belajar thitung>ttabel (1.967 i> i1.729) pada taraf signifikansi 0.05 atau sig i0,053 i< i0,05. Hal ini berarti motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikansi terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil uji F diperoleh fhitung > ftabel sebesar (13.566 i> i3,19) pada taraf signifikansi = 5% atau 0,000<0,05. Dengan nilai R square (R) sebesar 61,9 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa (Y).