KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEARSIPAN SISWA KELAS X OTKP SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Adanya pengaruh keterampilan mengajar guru dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar kearsipan siswa kelas X OTKP SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia Medan dengan jumlah populasi 144 siswa yang terdiri dari 4 kelas dan sampel 59 orang dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) secara parsial untuk variabel keterampilan mengajar guru diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (2.183 > 1.672) pada taraf signifikan 0,000 < 0,05 hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa X1 berbuhungan secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y). 2) secara parsial untuk variabel lingkungan belajar diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (2.099 > 1.672) pada taraf signifikan 0,003 < 0,05 hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa X2 berbuhungan secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y). 3) secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (3,657 > 3,160) dengan signifikan (0,003 >0,05), hal ini berarti hipotesis ketiga diterima yang menjelaskan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara Keterampilan Mengajar Guru (X1)dan Lingkungan Belajar (X2) dengan Prestasi Belajar (Y). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Keterampilan Mengajar Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Kearsipan Siswa Kelas X OTKP SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2020/2021, dengan diperolehnya nilai R2 sebesar 75,6 % yang berarti bahwa variabel bebas yaitu Keterampilan Mengajar Guru (X1) dan Lingkungan Belajar (X2) secara bersama-sama berhubungan dengan Prestasi Belajar (Y) sedangkan sisanya 24,4 % dipengaruhi variabel-variabel lain diluar penelitian ini. Maka hipotesis menyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Keterampilan Mengajar Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Kearsipan Siswa Kelas X OTKP SMK PAB 2 Helvetia Medan T.P 2020/2021.