Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan event study, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengumuman dividen tunai terhadap volume perdagangan saham dan harga saham yang terjadi pada 10 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2020. Sampel penelitian ini berjumlah 10 perusahaan yang terdiri dari 32 perusahaan makanan dan minuman yang dipilih dengan teknik purpose sampling. Kriteria sampel adalah yang membagikan dividen pada tahun 2020 , Historical data yang lengkap dan 60 hari periode estimasi. Periode pengamatan yang digunakan adalah 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah pengumuman dividen. Analisis data yang digunakan menggunakan uji t (Paired sample test dan Wilcoxon signed rank test) untuk menguji pengaruh pengumuman dividen terhadap volume perdagangan saham dan harga saham. Hasil pada penelitian untuk hipotesis pertama dengan test statistik dari uji wilcoxon signed rank test pada variabel ATVA sebelum dan sesudah sebesar 0.878 sehingga nilai sig > 0.05 yang berarti bahwa pengumuman dividen tunai tidak berpengaruh signifikan pada volume perdagangan saham dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan ATVA sebelum dan sesudah pengumuman dividen. Hipotesis kedua dilihat dari tabel uji statistik Paired Samples Test yang dimana nilai Sig dari AAR sebelum dan sesudah sebesar 0.068 sehingga > 0.05 dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan pengumuman dividen tunai terhadap harga saham dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan AAR sebelum dan sesudah pengumumuman dividen tunai.