Pengembangan Buku Suplemen Spora Mikoriza Berbasis Literasi Sains di Hutan Kampus Universitas Negeri Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas buku suplemen spora mikoriza berbasis literasi sains di hutan kampus Universitas Negeri Medan yang telah dikembangkan. Ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain dan mahasiswa yang mengambil matakuliah Taksonomi Organisme Tingkat Rendah di jurusan Biologi Universitas Negeri Medan merupakan subjek bagi penelitian ini. Penelitian dan pengembangan (R and D) ini menggunakan model Thiagarajan yaitu: (1) Define (pendefenisian), berasal dari hasil analisis kebutuhan mahasiswa memperoleh data bahwa 69% Mahasiswa sangat membutuhkan buku suplemen spora mikoriza berbasis literasi sains, (2) Design (perancangan), buku yang telah dirancang dibuat sesuai dengan empat aspek literasi sains yaitu, (a) Sains Sebagai Batang Tubuh Pengetahuan (a body of knowledge; (b)Sains Sebagai Cara Menyelidiki (a way of investigating); (c) Sains Sebagai Cara Berpikir (a way of thinking); dan (d) Interaksi Sains, Teknologi dengan Masyarakat (Interaction of science, technology, and society). (3) Development (pengembangan), pengamatan lapangan di hutan kampus Universitas Negeri Medan memperoleh tiga genus spora mikoriza yang terdapat di bawah pohon Swietenia mahogoni L yaitu Glomus sp., Gigaspora sp. dan Acaulospora sp. Dengan tingkat keanekaragaman kategori sedang (1,504). Uji kelayakan dari ahli materi memperoleh skor 81% kategori sangat layak dan 95% untuk penilaian aspek literasi sains dengan kategori sangat layak. Penilaian ahli pembelajaran memperoleh skor 85,5% kategori sangat layak dan penilaian ahli desain memperoleh skor 86,6% kategori sangat layak. (4) Dissemination (penyebaran), melalui uji coba produk perorangan mendapatkan nilai 87% kategori sangat layak, uji kelompok kecil mendapatkan nilai 89% kategori sangat layak dan uji kelompok terbatas mendapatkan nilai 87% dengan kategori sangat layak. Untuk membuktikan apakah buku suplemen yang dikembangkan efektif untuk dimanfaatkan pada matakuliah Taksonomi Organisme Tingkat Rendah uji N-Gain dilakukan dan memperoleh nilai 63% dengan kategori cukup efektif. Selanjutnya hasil t-test dilakukan yang berasal dari pretest dan posttest diperoleh sig.t 0,000 < 0,05 dengan dasar pengambilan keputusan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kognitif mahasiswa pada pretest dan posttest. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa buku suplemen spora mikoriza berbasis literasi sains di hutan kampus Universitas Negeri Medan dapat meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa