Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik tes keterampilan berpikir kreatif pada materi kinematika. Partisipan penelitian adalah siswa kelas X SMA Al Azhar Medan dan siswa kelas X MAN 1 Medan yang telah menerima materi kinematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian yang dilakukan mengacu pada pengembangan produk dalam bentuk instrumen tes keterampilan berpikir kreatif. Sebelum instrumen tes keterampilan berpikir kreatif diuji coba pada siswa, tes divalidasi terlebih dahulu. Subjek pengembangan produk terdiri dari ahli konten atau materi, ahli instrumen, dan ahli bahasa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Dari hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar didapatkan 22 instrumen tes pada materi kinematika yang dinyatakan valid. Kesimpulan yang diperoleh setelah penelitian adalah proses pengembangan instrumen tes keterampilan berpikir kreatif pada materi kinematika di SMA/MA melalui beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan dan karakteristik dari partisipan penelitian, merancang kisi-kisi dan instrument tes, validasi produk, dan uji coba produk. Hasil analisis kuantitatif instrumen tes keterampilan berpikir kreatif yang dikembangkan dinyatakan valid dengan interpretasi tinggi yakni instrumen tes sudah mampu mengukur keterampilan berpikir kreatif dari partisipan penelitian, reliabel dengan interpretasi sangat tinggi yakni instrument tes sudah memiliki kestabilan yang baik dalam hasil penilaian dan tingkat kesukaran serta daya pembeda tergolong baik, serta keterampilan berpikir kreatif partisipan penelitian tergolong cukup.