Pengembangan Modul PPKn Berbasis CTL Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SDN 101835 Sibolangit T.A 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (four-D) yang dikembangkan oleh Sivasilam Thiagarajan dalam empat tahap, yaitu Definition, Design, Development, dan Disseminate.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Modul PPKn berbasis CTL yang layak digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas V SDN 101835 Sibolangit T.A 2021/2022. Hasil penilaian kelayakan modul PPKn berbasis CTL oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 90,63% dengan kriteria Sangat Layak. Hasil penilaian kelayakan modul PPKn berbasis CTL oleh ahli desain memperoleh persentase 93,75% dengan kriteria Sangat Layak. Hasil penilaian kelayakan modul PPKn berbasis CTL oleh ahli bahasa memperoleh persentase 96,88% dengan kriteria Sangat Layak. Modul PPKn berbasis CTL di uji cobakan untuk mengetahui keefektifan produk dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas V SDN 101835 Sibolangit T.A 2021/2022 yang berjumlah 25 orang. Hasil penilaian kemandirian belajar siswa kelas V SDN 101835 Sibolangit pada kondisi awal sebesar 48,6% dengan kriteria kurang mandiri dan setelah penggunaan modul PPKn berbasis CTL diperoleh penilaian kemandirian belajar siswa sebesar 86% dengan kriteria Sangat Mandiri. Dengan demikian terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa kelas V SDN 101835 Sibolangit sebesar 37,4%. Berdasarkan hasil tersebut diperoleh n-gain score kemandirian belajar siwa sebesar 0,72 yang tergolong tinggi.