Pengembangan Tes Kemampuan HOTS Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) Berbantuan Google Form Siswa Kelas IV SD Negeri 101999 Silinda
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan peningkatan kemampuan HOTS siswa dengan berbantuan Google Form, dan menemukan tes kemampuan HOTS yang berkualitas berbasis Realistic Mathematic Education (RME) yang berkualitas berbantuan Google Form pada materi pecahanSubyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD tahun ajaran 2021/2022. Pada kelas IV SD Negeri 101999 Silinda sebanyak 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan HOTS siswa mengalami peningkatan dari hasil uji coba lapangan I hasil yang didapar sebesar 37 berkategori cukup, meningkat pada uji coba lapangan II sebesar 54 berkategori tinggi. Nilai yang didapat sesuai dengan PAP yang telah dirancang. Baiknya sebuah instrument yang dikembangkan dilihat dari hasil validitas, reliabilitas, kepraktisan serta efektivitas. Dari hasil penelitian Tes yang telah dikembangkan dikatakan valid karena hasil yang diperoleh lebih dari 61% yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 0,88 dengan persentase 88% dan memiliki reliabilitas sebesar 0,75 dengan interpretasi tinggi, kepraktisan yang didapat sebesar 4,6 berkategori sangat praktis sesuai dengan kriteria yang telah dibuat jika tes yang dibuat berkatehori sangat praktis maka artinya tes HOTS Matematika sangat mudah digunakan dan keefektifan sebesar 3,59 yaitu efektif sesuai dengan kriteria yang telah dibuat artinya Tes sangat mampu menghasilkan peningkatan aktivitas, respon dan hasil belajar peserta didik.