Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smartphone Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemandirian Belajar Siswa di SMAS Nurul Amaliyah
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kevalidan, Kepraktisan, dan Keefektifan Perangkat Pembelajaran berbasis aplikasi Smartphone dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Matriks; 2) Peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Matriks setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan 3) Peningkatan kemandirian belajar siswa pada pokok bahasan Matriks setelah menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang di laksanakan dikelas XI IPA SMA S Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Perangkat Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smartphone untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar sudah Valid, Praktis, dan Efektif. 2) Pada uji coba I dan II terjadi peningkatan hasil belajar dari skor rata rata sebesar 60 meningkat menjadi skor rata rata 78,7. 3) Pada uji coba I dan II terjadi peningkatan kemandirian belajar yaitu sebesar 3,36 pada uji coba I meningkat pada Uji coba II menjadi 3,9. Dengan demikian, Pengembangan Perangkat pembelajaran berbasis aplikasi Smartphone dapat meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian belajar siswa di Kelas XI IPA SMAS Nurul Amaliyah Tanjung Morawa.