Perbedaan kemampuan komunikasi dan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan Number Head Together
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar antara model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan Number Head Together (2) perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar antara model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan Number Head Together (3) interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan Number Head Together dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa (4) interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan Number Head Together dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 3 Tapanuli Selatan, dengan analisis ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan Number Head Together, (2) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan Number Head Together, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa (4) Tidak terdapat interaksi antara model dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.